Rabu, 23 Agustus 2017

Histori Varsity Jacket

Histori Varsity Jacket

Crowds, kalian mungkin saja telah tidak asing sekali lagi dengan varsity jacket. Namun apa kalian tahu varsity jacket pertama keluar dengan Jual Jaket Bomber nama Letterman Jacket? #WedWearing tempo hari (19/12) kami mengulas histori Varsity Jacket. Sedetailnya kalian dapat pula baca disini.

harvardbaseball1865 (1)

Jaket letterman yaitu lambang dari sekolah menengah akhir serta beberapa universitas di Amerika. Jadi seseorang atlet, jaket Letterman yaitu lambang dari satu keberhasilan yang dicapainya. Awal mulanya jaket dipakai di Kampus Harvard, namun saat ini jadi trend di sekolah menengah serta beberapa universitas Amerika, bahkan juga semua dunia.

harvard-football-team-1890
Harvard Football Tim 1890

Histori penamaan Letterman dari kata Letter yang bermakna huruf, yang pada aplikasinya yakni huruf yang di bordir di dada jaket. Pada jaket Letterman ini umumnya yang di bordir yaitu singkatan dari kampus atau sekolah yang disebut. Awalannya dari Kampus Havard pada th. 1865. Cuma beberapa orang dipilih yang memperoleh jaket baseball dengan huruf H di dadanya. Pemain paling baik itu memiliki hak untuk memperoleh jaket, bila mereka tersingkirkan jadi harus kembalikan jaket itu ke pemain beda yang tambah baik.





Lantas bagaimana jacket ini bias jadi trend?

Ditahun 1930, banyak sma serta beberapa universitas beda yang menggunakan jaket baseball Letterman. Mereka memperolehnya saat masuk sekolah itu. Letterman juga memperoleh julukan beda, yakni varsity jaket di banyak daerah. Atlet-atlet yang berprestasi senantiasa menggunakan jaket varsity itu, hingga saat mereka diwawancarai oleh stasiun TV mereka dengan bangga menunjukkan jaketnya. Hal semacam ini yang di lirik oleh beberapa artis-artis. Umumnya artis-artis hip hop ataupun artis muda, One Direction umpamanya. Mereka buat jaket varsity versinya sendiri serta dibarengi fansnya.


Beberapa musisi juga bertindak besar dalam buat jaket varsity jadi trend. Aliran-aliran power pop punk, yang dimaksud high school rock n roll senantiasa menggunakan jaket varsity dari almamaternya saat manggung. Fans-fansnya juga tidak ingin kalah dengan artis pujaannya. Hal semacam ini dilirik oleh pihak management. Jadi dibuatlah merchendaise varsity versus band-band itu. Jadi banyak varsity dengan beberapa nama band yang dibordir di dada, komplit dengan artwork ciri khas band-band itu.

Di Indonesia sendiri yang orang-orangnya juga turut dipengaruhi. Dengan adanya banyak band-band baru yang beraliran pop punk, banyak pula jaket-jaket varsity yang terjual di pasar. Makin banyak juga brand-brand lokal yang meemproduksi jaket varsity dengan macam khasnya semasing. Hal semacam ini yang buat jaket varsity berkembang didunia, termasuk juga di Indonesia.

Lengkapi koleksi N/D 2013 Wadezig! juga turut keluarkan koleksi spesial varsity versus kami sendiri “Oakland Green” yang dapat diperoleh lewat on-line ataupun off line store WADEZIG! Jl. Sultan Agung No. 7, Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar